Minggu, 04 Maret 2018

Aplikasi Dapodik 2018.b Patch 2.0



Assallamu'alaikum Wr. Wb. Sobat bloger dan para operator sekolah di seluruh Indonesia, apa kabarnya? mudah-mudahan sehat selalu dan berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Baiklah para sobat sekalian setelah diluncurkan aplikasi dapodik 2018.a dan 2018.b patch 1.0 sekarang tiba saatnya tim dapodik meluncurkan aplikasi dapodik 2018.b patch 2.0. adapun daftar perubahan dari patch sebelumnya adalah sebagai berikut :

Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik versi 2018.b Patch 2.0


Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2018.b Patch 2.0:
[Perbaikan] Perbaikan pada saat perubahan data Unit Usaha Kerjasama pada MoU Kerjasama [Perbaikan] Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur dapat diubah manual pada Peserta Didik [Perbaikan] Perbaikan pengaktifan kolom lintang dan bujur dapat diubah manual pada GTK [Perbaikan] Perbaikan
bugs pada saat penambahan program/komptensi dilayani untuk SMA/SMK [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat perubahan data rombongan belajar
[Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat perubahan prasarana
[Perbaikan] Perbaikan pada security aplikasi

Bagi sekolah yang telah menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b maupun yang telah melakukan PATCH 1.0 dapat melakukan pembaruan PATCH 2.0 secara manual, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh file PATCH 2.0 pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Lakukan installasi sampai dengan selesai.
  3. Lakukan refresh (Ctrl + F5)

Bagi sekolah yang telah menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b maupun yang telah melakukan PATCH 1.0  juga dapat melakukan pembaruan PATCH 2.0  secara online, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Pastikan komputer terkoneksi internet.
  2. Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b
  3. Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  4. Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Patch 2.0) Apakah Anda ingin melanjutkan? (Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!)
  5. Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
  6. Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
  7. Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).
Bagi pengguna yang masih menggunakan versi 2018.a silahkan lakukan install ulang terlebih dahulu. Installer sebelumnya telah diganti dengan installer yang baru sehingga dapat langsung terinstall versi 2018.b dengan versi Patch 2.0. Langkah-langkah yang disarankan adalah sebagai berikut:
  1. Unduh INSTALLER Aplikasi Dappodikdasmen Versi 2018.b PATCH 2.0 pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id 
  2. Uninstall Aplikasi Dapodikdasmen
  3. Restart komputer
  4. Hapus folder Dapodik di C:\Program Files
  5. Lakukan installasi sampai dengan selesai.
  6. Lakukan refresh (Ctrl + F5).
  7. Lakukan proses registrasi dengan mengikuti petunjuk penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b.

Silahkan di unduh Dapodik versi 2018.b Patch 2.0 Disini

dan jangan lupa sebelum sobat sinkronisasi data dapodiknya jangan sesekali sobat langsung instal ke versi ini (Installer), cukup sobat unduh aja update nya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


PERHATIAN:
  • Pada saat registrasi offline pada Aplikasi Dapodikdasmen DILARANG MENGGUNAKAN PREFILL LAMA. Gunakan prefill dengan MENGUNDUH PREFILL BARU setiap akan melakukan registrasi. penggunaan prefill lama dapat menyebabkan data-data menjadi berganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar